Rumah Susun Sewa Batamindo (Rusun Sewa Muka Kuning Indah 2) Pemerintah Kota Batam

Karena Batam termasuk daerah industri dan banyak pekerja yang berasal dari luar Batam membutuhkan tempat tinggal, sehingga kebutuhan akan rumah pun meningkat. Beberapa lahan dikosongkan untuk dibangun perumahan. Bagi pekerja yang memiliki pendapatan yang lebih, mereka akan membeli atau menyewa rumah di perumahan, tapi bagi mereka yang pendapatannya belum bisa mencukupi, mereka akan mencari rumah sewa yang terjangkau dengan isi kantong mereka tiap bulan.

Rusun Batamindo (Rusun Sewa Muka Kuning 2)
Biasanya rumah susun dibangun berdekatan dengan kawasan industri, untuk itulah BP Batam membangun "RUSUN" atau rumah susun supaya para pekerja dekat dengan tempat mereka bekerja. Ada beberapa lokasi rumah susun yang dibangun oleh BP Batam diantaranya Rusun Kabil - Muka Kuning - Batu Ampar - Sengkuang - Tanjung Uncang.

Sumber : https://www.rusunbpbatam.com/
Rusun ini dilengkapi fasilitas seperti sekolah, mushola, tempat bermain anak dan lain - lain, sehingga mereka yang tinggal merasa aman dan nyaman. Seperti rusun Batamindo ( Rusun Sewa Muka Kuning Indah 2), rusun ini termasuk rusun sewa Muka Kuning Tahap 2 setelah Muka Kuning tahap 1 yang berada di pinggir jalan menuju muka kuning.

Senin sore saya ada urusun ke rusun sewa Batamindo, rusun sewa Batamindo ini termasuk baru, untuk menuju rusun ini dari arah pintu keluar Batamindo menuju batu aji muka kuning ada tanjakan jalan ke atas, masuk melalui jalan tersebut, terus saja mengikuti jalan nanti ada plangkat rumah rusun, selanjutnya belok kiri jalan terus.

Plangkat yang nampak untuk masuk ke Rusun Batamindo
Sebelum menemukan rusun sewa ini saya sudah ke rusun sewa Muka Kuning tahap 1 yang berada di pinggir jalan menuju Panbill Mall, eehhh.... ternyata salah. Saya bertanya dengan beberapa orang yang ada ada dirusun tersebut. Tak menemukan juga, saya ke Kawasan Industri Batamindo, bertanya dengan security yang ada disana. Security tersebut menunjukkan arah rusun tersebut, memang rusun tersebut nampak dari kawasan Batamindo. Akhirnya saya membelokkan motor keluar dari kawasan Batamindo.

Jalan memasuki Rusun Sewa Batamindo
Nampak dari jauh 3 bangunan tinggi yang memiliki banyak sekat - sekat kamar, terdiri dari Gedung A, gedung B, gedung C. Untuk menyewa rusun bisa langsung kegedung A bangian bawah, pada saat kesana ada seorang ibu yang ingin menyewa salah satu kamar di rusun tersebut, barang ibu tersebut masuk berantakan di lantai untuk menunggu selesai adminitrasi.

Seorang Ibu yang sedang menunggu proses adminitrasi penyewaan rusun
Karena alamat yang saya cari berada di gedung C lantai 4, saya berpindah tempat ke gedung C. Saya melihat lokasi rusun nya bersih, di lantai 1 terdapat mushola, taman dan parkiran motor. Ada juga penjual jajanan dari luar yang menggunakan sepeda motor yang berdiri disana sembari menunggu bila ada orang rusun yang mau membeli jualannya.

Di dinding rusun sewa terdapat papan pengumuman yang isinya kewajiban penghuni, tata tertib penghuni, larangan bagi penghuni dan ada juga persyaratan dan biaya penyewaan bagi mereka yang ingin menyewa kamar di rusun tersebut. Untuk biaya sewa kamar rusun, dari lantai 1 - lantai 4 berbeda, makin ke atas makin murah.

Mushola di gedung rusun sewa C

Peraturan di rusun

Persyaratan dan biaya sewa

Taman yang bersih

Minimarket berada di gedung B
Di lantai bawah sebelum saya naik, saya bertanya kepada bapak tersebut dimana rusun yang saya cari. Bapak tersebut berkata naik aja ke atas, membayangkan naik ke atas tanpa ada lift atau elevator, jika bisa ini menurunkan berat badan ku, tidak apa - apa aku berolah raga turun naik tangga ini.... aahhh.

Aku menaiki tangga demi tangga, naik ke lantai 2, lantai 3 rusun, tempatnya bersih juga, bergantungan pakaian - pakaian penghuni rusun, mesin cuci dan pakaian yang dijemur dipagar. Hanya beberapa penghuni rusun yang keluar dari tempatnya selebihnya pintunya tertutup.
Diatas pintu terdapat nomor kamar rusun. Tiba di lantai 4 ada beberapa ibu - ibu yang sedang bercerita - cerita disana, saya pun bertanya kepada ibu - ibu tersebut nomor kamar rusun yang saya cari. Huiii... dapat juga kamar rusun yang saya cari.

Lantai 2 rusun

Lantai 3 rusun sewa
Sebagai pekerja yang memiliki penghasilan yang pas pas san, tinggal di rusun ini sangat membantu, apalagi yang sudah berumah tangga dengan mahalnya biaya membeli rumah belum lagi kebutuhan hidup di Batam yang cukup tinggi.


Komentar

  1. Kelihatan seperti tak terurus dan berantakan sekali rusunnya, perlu pembenahan dan bimbingan terhadap para penghuni biar bisa jaga kebersihan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat Murah di Batu Aji, Batam

Patung Jalan Salib Di Kampung Vietnam, Pulau Galang

JALAN - JALAN KE GRAHA MARIA ANNAI VELANGKANNI MEDAN