Kerak Telor Batam

Kerak telor Jakarta makanan yang belum saya pernah coba. Jalan - jalan malam hari melihat ada jajanan kerak telor, saya pun berhenti melihat, ternyata kerak telor Batam.


Kerak telor Batam ini berbeda dengan kerak telor Betawi yang di Jakarta sana.
Untuk kerak telor Jakarta (Betawi) dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam, epim dan bawang merah goreng yang diberi bumbu halus berupa cabe merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa sangrai. (Sumber: resepbuatan.com).

Sumber: jajananpinggiran.blogspot.co.id
Kerak telor Batam, bahan - bahannya hampir sama dengan kerak telor Betawi (Jakarta), yang membedakan hanya proses masaknya. Untuk kerak telor Batam bentuknya bulat, tempat pengorengannya (wajan) berbentuk bulat kecil - kecil.

tempat penggorengan kerak telor
Satu wajan penggorengan berisi 19 bulatan. Lama menggoreng kerak telor ini hanya 5 menit.

proses penggorengan kerak telor
Botol - botol yang berisikan saos
Setelah siap masak, kerak telor ini akan diberikan topping. Topping ada beberapa jenis: mayonice, kecap, saos cabe, saos tomat. Topping tergantung pembeli mau diberi topping yang mana. Rasa dari kerak telor ini cukup enak, terasa banget bawangnya dan aromanya yang wangi.

kerak telor yang diberi topping mayonice

Kerak telor Batam ini sudah mudah kita temukan, gerobak kerak telor ini biasanya ada di daerah Batam Centre, di samping Pasar Fanindo atau di depan perumahan Taman Pesona Indah (buka pada malam hari), di tempat jajanan malam. Untuk satu porsi kerak telor ini harganya Rp. 10.000.

Buat yang ingin memesan wajan kerak telor kamu bisa memesan ke:

Bapak Taufik: 081314187702



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berobat Murah di Batu Aji, Batam

Patung Jalan Salib Di Kampung Vietnam, Pulau Galang

Berdoa di Gereja Katolik Paroki Santo Petrus Lubuk Baja